Ayam Goreng Sambal Matah

Posted on

Bicara tentang kuliner memang ga ada habisnya , salah satunya adalah Ayam goreng sambal matah selain rasanya yang yummi , membuatnya pun mudah Resep Ayam goreng sambal matah dikirim oleh ibu Lasmi. Terima kasih telah berbagi resep Ayam goreng sambal matah.

Bahan-bahan Yang Dibutuhkan Untuk Membuat Ayam goreng sambal matah

ayam (1 ekor boleh setengah ekor boleh, bebas)
bawang merah (kalo sayah pake kurang lebih 10 siung)
cabai rawit (berapanya, sesuai selera kepedasan masing2 yah)
secukupnya garam
secukupnya penyedap rasa
1 buah jeruk nipis. jeruk lemon lebih enak kalo ada

Cara Membuat Ayam goreng sambal matah

1. Untuk ayamnya.. aku punya ayam yg udh di bumbu kuning ayam goreng. Jd tinggal aku lepasin tulangnya lalu di potong dadu. Trus tinggal di goreng.. tapiiii gausah di lepasin tulangnya jg gapapa. Sesuai selera. Kalau yg gapunya ayam yg udah di bumbuin, ayam yg mentah di fillet aja terus di taruh wadah, kasih jeruk nipis garam&royco lalu di aduk sampai bumbu merata& tunggu sampai bumbu meresap ya. Setelah itu baru di goreng. Kenapa di fillet? Karna menurutku lebih enak tinggal hap lalu di tangkap๐Ÿ˜‚

2. Goreng ayamnya saampai agak coklat ya. Yg di potong dadu jangan goreng sampek terlalu kering nanti alot. Sampai kekuningan saja. Setelah di goreng jangan lupa ditiriskan ayamnya agar minyaknya hempassss

3. Untuk sambal matahnya.. Potong potong bawang merah&cabai and then taruh wadah.. potong aja seperti foto di atas ya.

4. Setelah itu siapkan minyak di penggorengan, api kecil yah minyak secukupnya aja. Setelah minyak agak panas (jangan tunggu panas) masukan bahan2 sambal yg sudah di potong2. Tambahkan penyedap rasa&garam secukupnya. Dan jangan lupa perasan jeruk nipis/lemon. Aduk. Tes rasa. Jika sudah masukan ayam goreng. Aduk aduk sebentar lalu matikan kompor.

5. Tuang ke wadah / mangkuk yg sudah di siapkan deh. Panjang sihhhh tapi gampang kaaan? Mudah di mengerti kaaan? ๐Ÿ˜…๐Ÿ˜

Ternyata Ayam goreng sambal matah benar benar gampang dibuat dan praktis. Bisa jadi pilihan untuk variasi menu sehari-hari di rumah anda. Mencium aromanya saja mampu menaikan nafsu makan. Tiada ada salahnya anda coba membuat Ayam goreng sambal matah Kalau senang dengan resep ini silahkan simpan halaman website ini , dengan cara tekan CTRL + D pada keybord laptop anda . Silahkan berkomentar yang bagus juga sopan, kami sangat suka dengan usulan dari anda , dan jangan lupa untuk berbagi dengan kawan anda di dunia maya melalui Gplus atau lainya